Berita

Pilkada Serentak, 15 Februari Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional

Tanggal: 14/02/2017

Jakarta - Presiden Joko Widodo menetapkan 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional. Penetapan itu bertepatan dengan hari pencoblosan Pilkada serentak di 101 daerah tahun 2017. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017, yang ditetapkan oleh Jokowi pada Jumat (10/2/2017) di Jakarta. Salinan putusan sebanyak 3 halaman tersebut ditandatangani Asisten Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kemensetneg M Rokib. "Menetapkan hari Rabu, tanggal 15 Februari 2017, sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak. Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," tulis putusan tersebut. Sebelumnya, Plt Gubernur DKI Sumarsono mengatakan 15 Februari 2017 ditetapkan sebagai hari libur. Alasannya, penetapan itu bertepatan dengan hari pencoblosan Pilkada DKI 2017.  "Tanggal 15 (Februari) seluruh Jakarta libur," kata Sumarsono di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (9/2).  Menurutnya, peraturan tersebut didasari UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Dia juga berharap penetapan hari libur itu mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS.  Saat ini, katanya, keputusan tersebut masih menunggu surat pemberitahuan yang sah dari penyelenggara pemilu. Penetapan itu untuk menghormati hak memilih warga Jakarta. "Suratnya akan ada dari Presiden. Surat permohonan KPU kepada Presiden," tutur Sumarsono.

Selengkapnya ...

"Berita Hoax Membunuh Pikiran Masyarakat"

Tanggal: 13/02/2017

"Berita hoax membunuh pikiran masyarakat," demikian kata Tim Cook, CEO Apple, yang dilansir The Guardian. Menurut Cook, bos perusahaan teknologi seharusnya memerhatikan masalah tersebut. Sebagai implementasinya, perusahaan teknologi membuat sebuah alat yang dapat membantu membendung penyebaran berita hoax tanpa harus mengekang kebebasan berekspresi. Cook juga menyerukan agar pemerintah dapat memimpin dalam mengampanyekan pemberantasan berita hoax. "Kita sedang menjalani masa di mana beberapa orang memenangkan masyarakat yang menghabiskan waktu untuk melakukan banyak klik, bukan untuk kebenaran. Itu dapat membunuh pikiran masyarakat" ungkap Cook. "Kita semua perusahaan teknologi perlu membuat beberapa alat yang dapat membantu mengurangi volume berita hoax. Kita harus mencoba untuk menekannya tanpa harus mengekang kebebasan berekspresi," lanjutnya. Penyebaran berita hoax memang bukan hanya menjadi perhatian bangsa Indonesia, melainkan negara lainnya di dunia termasuk Amerika Serikat. Sama seperti di Tanah Air, maraknya penyebaran berita palsu di Negeri Paman Sam juga terjadi menjelang pemilihan umum. Media sosial seperti Facebook, Twitter, bahkan mesin pencari Google pun dinilai menjadi kambing hitam atas penyebaran berita hoax di dunia maya. Mendapat tekanan dari berbagai pihak, masing-masing dari platform tersebut saat ini tengah membuat formula untuk mengurangi mata rantai penyebaran berita hoax. Facebook misalnya, sebagaimana dikatakan Washington Post, bekerja sama dengan International Fact-Checking Network yang meliputi grup seperti Snopes dan Associated Press untuk mengevaluasi artikel yang ditandai oleh pengguna Facebook. Baru-baru ini, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut juga telah bekerja sama dengan pihak media Prancis guna memberantas peredaran berita hoax. Mereka turut menggandeng Agence France Presse, BFM TV, L'Express, dan Le Monde untuk memverifikasi sebuah informasi. Jerman bahkan bersikap keras demi menjaga negaranya dari berita hoax. Pemerintah setempat mencanangkan hukuman berupa denda untuk setiap berita yang terbukti hoax kepada perusahaan media sosial seperti Facebook. Sementara Indonesia, melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan perwakilan Facebook pekan depan. Pertemuan tersebut akan membahas seputar pemberantasan berita hoax dan pemasaran Facebook di Indonesia sebagai salah satu negara pengguna terbanyak. "Diperkirakan setelah Pilkada Jakarta. Pihak Facebook akan datang langsung ke kantor saya," kata Menkominfo, Rudiantara, Jumat 10 Februari 2017. Namun menurut Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional Kemenkopolhukam, Irvan Nasrun, mengatakan bahwa peran penting masyarakatlah yang sebenarnya diperlukan. Menurut Irvan, kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberantas peredaran berita hoax karena menyebar di tengah-tengah masyarakat sendiri. Sehingga dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk tidak membagikan informasi yang belum pasti kebenarannya. "Justru peran yang paling besar itu di masyarakat sendiri karena berita cepat menyebar di tengah-tengah masyarakat. Kalau ada berita jangan langsung ditelan mentah-mentah," kata Irvan saat berbincang dengan Okezone, Jumat 10 Februari 2017.

Selengkapnya ...

YCM Tawarkan Beasiswa Guna Tingkatkan Kualitas Generasi Digital

Tanggal: 04/02/2017

Yayasan Cendekia Milenia (YCM) kembali menawarkan beasiswa untuk mahasiswa D-3, S-1, dan S-2 dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) generasi digital di Indonesia. Syaratnya terbilang mudah yakni cukup memiliki minat tinggi di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan digital. Beasiswa yang disiapkan YCM tahun ini mencapai Rp 80 juta per orang. “Salah satu penggerak ekonomi digital Indonesia terletak di SDM yang kini bertumpu pada generasi muda. Tingginya minat mereka terhadap pengembangan teknologi digital harus dimanfaatkan dengan baik. Itulah mengapa, YCM membuka kesempatan beasiswa bagi mereka yang punya passion di dunia ICT dan digital,” ujar Ripy Mangkoesoebroto, Chairwomen Yayasan Cendekia Milenia. Ripy menilai, penggunaan internet dan digital di Indonesia yang begitu tinggi tidak hanya mengubah gaya hidup, tetapi juga peradaban dan generasi. Melalui teknologi telekomunikasi dan digital, generasi muda tumbuh kreatif, berinovasi, bahkan mampu meningkatkan ekonomi kreatif dan membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di ASEAN. YCM merupakan yayasan pendidikan yang dibentuk Dewan Manajemen Indosat Ooredoo pada 2013. YCM memiliki visi untuk menjadi pintu kesempatan bagi generasi muda yang memiliki ide dan kemampuan dalam mengembangkan dunia telekomunikasi dan digital. YCM ingin memberikan bantuan pendidikan dan pembelajaran kepada masyarakat dengan mengambil peran aktif dalam mendukung talenta muda melanjutkan pendidikannya. Secara rutin YCM menawarkan beasiswa kepada generasi muda yang sudah lekat dengan dunia digital dan teknologi. Harapannya agar generasi muda yang memiliki ide dan kemampuan di dunia digital, mendapatkan kesempatan untuk meraih pendidikan lebih tinggi. Tahun ini, YCM kembali membuka kesempatan ke jenjang pendidikan lebih luas, yakni untuk D-3, S-1, dan S-2 dengan nilai hingga Rp 80 juta per orang.

Selengkapnya ...

Geser Posisi Apple, Google Kini Menjadi Merk Paling Bernilai di Dunia

Tanggal: 03/02/2017

Sebuah lembaga konsultan strategi dan valuasi merek asal Inggris bernama Brand Finance menobatkan Google sebagai merk paling bernilai di dunia dari semua merk dagang yang ada. Google menggeser posisi puncak Apple yang memiliki nilai merek US$ 109,4 miliar di 2016. Nilai tersebut naik 24% daru yang sebelumnya yang senilai US$ 88,2 miliar. Dalam riset Brand Finance Global 500 teranyar menyebut, nilai merek Apple turun 27% menjadi US$ 107 miliar di 2016 dibanding 2015. Ini sekaligus menggeser posisi Apple yang telah berada di posisi puncak dalam lima tahun terakhir. David Haigh, CEO Branch Finance mengatakan, Apple sedang berjuang untuk menjaga keunggulan dalam teknologi di produk-produknya seperti iPhone di tengah pelemahan permintaan khususnya dari pasar mayoritas seperti China. Sementara bisnis mesin pencari Google dianggap masih belum bisa ditandingi oleh merek lain juga pendapatan iklannya dari situ. "Google mampu meraup pertumbuhan pendapatan iklan sebesar 20 persen di 2016 dan makin inovatif untuk bisa menghasilkan uang dari bisnis yang dijalankan," ujar Haigh dalam risetnya. Penilaian valuasi merek ini didasari banyak faktor seperti kekuatan merek dalam faktor investasi pemasaran, loyalitas, kepuasan pegawai hingga kesadaran merek. Kekuatan merek ini digunakan untuk menentukan seberapa besar merek yang digadang berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan. Di bawah Apple, merek paling bernilai di peringkat ketiga adalah Amazon.com diikuti AT&T di posisi ke empat. Microsoft berada di posisi kelima, Samsung Group di posisi keenam dan Verizon di posisi ketujuh. Walmart, Facebook dan ICBC di posisi selanjutnya yang masuk dalam 10 besar merek global yang paling bernilai dalam riset ini.

Selengkapnya ...

‹ First  < 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 >  Last ›