YouTube Shorts Kini Bisa Di-remix dengan Video Musik

Tanggal: 17/02/2024

KOMPAS.com - YouTube kini memungkinkan pengguna memasukkan atau memodifikasi alias me-remix video musik ke konten video pendek, Shorts. Kemampuan ini diumumkan YouTube lewat blog resmi perusahaan. Menurut YouTube, dukungan itu akan membuat pengguna punya lebih banyak cara untuk berkreasi dengan artis favoritnya. "Hari ini, kami membantu Anda meningkatkannya (cara berkreasi) dengan kemampuan remix video musik di Shorts, untuk membuka lebih banyak cara agar terhubung dan berkreasi dengan artis favorit Anda serta musik mereka di YouTube," kata Sarah Ali, Senior Director of Product Management, YouTube Shorts, Creation & Community dalam postingan blog Youtube, Kamis (15/2/2024).
Untuk me-remix video musik, YouTube menyediakan tombol "Remix" tepat di samping tombol share. Tombol ini tersedia di aplikasi YouTube versi mobile. Kemudian pengguna bisa memanfaatkan sejumlah alat untuk memodifikasi video musik di YouTube menjadi video Shorts.
Setidaknya ada empat alat edit yang bisa dipakai untuk me-remix video musik, yaitu Collab, Green Screen, Cut dan Sound.
• Collab 
Alat ini memungkinkan pengguna menampilkan cuplikan video musik berdampingan dengan video bikinan pengguna sendiri. Misalnya, pengguna menirukan koreografi video musik "3D" besutan Jung Kook BTS dan menyandingkannya dengan vide musik asli lagu tersebut. Contoh penggunaan fitur Collab bisa dilihat pada tautan berikut ini.
• Green screen 
Alat yang satu ini mungkin tidak begitu asing di antara pengguna platform berbagi video singkat. Di Shorts, fitur ini memungkinkan pengguna menjadikan video musik sebagai background video. Menurut keterangan YouTube, alat Green screen bisa dipakai untuk membuat video reaction alias reaksi dalam format video untuk menunjukkan reaksi mereka pada video musik yang baru dirilis.
• Cut 
Cut dalam bahasa Indonesia berarti potong atau pangkas. Sesuai artinya, alat ini bisa dipakai untuk memotong video musik dalam durasi lima detik. Potongan video musik itu selanjutnya bisa ditambahkan ke video baru untuk Shorts.
• Sound 
Berbeda dengan tiga alat di atas, alat Sound bisa dipakai pengguna untuk mengambil audio saja dari sebuah video musik. Audio itu kemudian bisa dipakai untuk membuat video lain dengan durasi pendek dan diunggah di Shorts.
Untuk mencoba fitur remix, pengguna perlu membuka salah satu video musik di YouTube dan memilih tombol "Remix". Nantinya, YouTube akan menampilkan keempat alat di atas dan pengguna bisa memilih salah satunya untuk membuat video Shorts. Pantauan KompasTekno, fitur Remix sudah tersedia di aplikasi YouTube mobile di Indonesia. Apabila belum mendapatkannya, coba untuk melakukan pembruan aplikasi. Apabila sudah diperbarui, namun belum kebagian, ada kemungkinan fitur ini akan tersedia bertahap untuk pengguna.