Sambut IKN, Balikpapan genjot pendidikan dasar dan vokasi

Tanggal: 11/01/2024

Para guru di SDN 012 Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (8 Januari 2024). Guru menjadi garda depan peningkatan kualitas sumber daya manusia jelang perpindahan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. ANTARA Kaltim/M. Solih Januar

Balikpapan (ANTARA) - Jauh sebelum dimulai pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur, Balikpapan sudah memandang sumber daya manusia untuk industri dan jasa menjadi penggerak ekonomi.

Pemerintah Kota Balikpapan pada awal tahun 2000-an sudah memfasilitasi pembangunan sejumlah sekolah kejuruan (SMK) dan program vokasi perguruan tinggi seperti Politeknik Balikpapan.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menegaskan bahwa ke depan harus banyak lagi politeknik di Balikpapan, apalagi dalam konteks menyambut Ibu Kota Nusantara.

Pendidikan kejuruan atau keahlian yang tersedia memberikan keahlian mulai dari keterampilan menata rumah, binatu atau laundry, kuliner dan memasak, keterampilan teknologi informasi (IT), membuat program dan aplikasi (coding), mekanik listrik, hingga menjadi mekanik alat berat, termasuk juga menjadi perawat dan bidan.

Dalam proses panjang pembangunan IKN, segala macam keterampilan dibutuhkan. Pada masa pembangunan fisik IKN sekarang, keahlian teknis seperti memasang bata pun dihargai. Ilmu administrasi, pembukuan keuangan, dan lain-lain, semuanya dibutuhkan.

Bahkan sebenarnya, pendidikan keahlian vokasi itu tujuannya untuk kemandirian, bukan sekadar menciptakan tenaga terampil untuk pasar kerja. Seseorang dengan keterampilannya, bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri dan dengan itu bisa menghidupi dirinya sendiri.

Tuntutan pasar kerja atau penciptaan tenaga terampil guna mencetak wirausahawan itu tersambut langkah Pemerintah Kota Balikpapan saat ini.

Kata kunci utama yang menjadi motor penggerak "genjotan" peningkatan kualitas sumber daya manusia itu adalah sinergi dan kolaborasi.

Dinas Pendidikan Kota Balikpapan yang dipimpin Irfan Taufik merasakan betul tantangan perubahan cepat di Kota Minyak ini, apalagi dengan pembangunan dan perpindahan IKN mulai 2024.

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/3908394/sambut-ikn-balikpapan-genjot-pendidikan-dasar-dan-vokasi