WhatsApp Uji Coba Fitur Tema untuk Ubah Tampilan Aplikasi

Tanggal: 10/01/2024

Jakarta - Aplikasi WhatsApp selama ini dikenal dengan tampilan yang didominasi warna putih (atau hitam di mode gelap) dan hijau. Tapi dalam waktu dekat pengguna akan bisa mengubah tampilan aplikasi WhatsApp di ponselnya.

WABetaInfo mengumumkan WhatsApp sedang menguji coba fitur Theme atau Tema yang memungkinkan pengguna mengubah warna aplikasi. Fitur ini ditemukan di WhatsApp beta untuk iOS versi 24.1.10.70.

Screenshot yang diunggah WABetaInfo memperlihatkan ada lima warna yang dapat dipilih pengguna yaitu hijau, biru, putih, ungu, dan merah muda. Tidak ada opsi untuk memilih warna custom sesuai keinginan pengguna.

Di bagian bawah pilihan warna terdapat keterangan yang menyatakan 'This only updates the main color of the app' yang artinya pemilihan warna ini hanya mengganti warna utama aplikasi. 

Tapi jangan khawatir karena WABetaInfo juga menemukan bahwa opsi kustomisasi ini kemungkinan akan diperluas sehingga memungkinkan pengguna mengubah warna bubble atau gelembung chat, seperti dikutip detikINET.

Opsi untuk mengubah warna tema aplikasi WhatsApp dapat diakses di menu Appearance di pengaturan aplikasi. Namun saat ini opsi dan menu tersebut belum dapat diakses pengguna karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Opsi kustomisasi ini tentu akan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengubah tampilan aplikasi sesuai keinginannya. Apalagi saat ini pilihan kustomisasi di WhatsApp masih terbatas untuk mengubah wallpaper di chat.

Pengguna WhatsApp juga sudah lama menantikan kehadiran fitur tema di aplikasi milik Meta ini. Bahkan banyak pengguna yang beralih ke aplikasi mod buatan pihak ketiga supaya bisa mengubah tema aplikasi WhatsApp.

Walau baru ditemukan di WhatsApp beta untuk iOS, fitur ini kemungkinan besar juga akan hadir di Android. Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur tema untuk semua penggunanya.

Sumber : https://inet.detik.com/