Perkuat Literasi Siswa, FELSI 2022 Resmi Dibuka dan Diikuti 4 Ribu Lebih Siswa

Tanggal: 14/11/2022

 Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) KemendikbudRistek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar FestivalLiterasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2022 pada 7-11 November 2022. FELSI diharapkandapat menjadi wadah pengembangan prestasi talenta peserta didik di bidangbahasa dan literasi, khususnya bidang cerita pendek, fotografi dan jurnalistiksiswa. FeLSI 2022 ini merupakan pengembangan dari lomba jurnalistik pada tahun2020 dan dilaksanakan untuk kedua kalinya. Festival yang dilaksanakan secaradaring ini mengangkat tema sejalan dengan tema Presidensi 20 yakni "PulihBersama, Bangkit Perkasa". Festival literasi ini sekaligus menjawab arahanPresiden Joko Widodo terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesiaunggul yang bersifat holistik, di mana literasi, numerasi, dan karakter, sertapengembangan talenta prestasi memiliki tingkat kepentingan yang sama. KepalaBadan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, (BSKAP), Anindito Aditomomenyampaikan festival literasi ini merupakan bagian penting dari MerdekaBelajar, di mana tujuan utamanya adalah mewujudkan pendidikan yang berkualitasbagi semua peserta didik. “Dengan kegiatan seperti ini, siswa dengan beragambakat dan minat, baik yang berbakat di bidang akademik, olahraga, seni, budaya,dan bahasa, semua mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berprestasi,” ujarAnindito saat membuka FeLSI 2022 secara daring, pada Senin (7/11/2022). Tidakhanya itu, kata Anindito, festival literasi ini juga menjadi bagian daripengembangan karakter dalam menumbuhkan kebiasaan membaca dan menulis,sekaligus mencipta dan memahami segala sesuatu secara lebih komprehensif. Untukitu, Anindito berharap para peserta festival ini bisa menjadi penggerak danpelopor budaya literasi di sekolahnya masing-masing. “Selamat atas terpilihnyakarya adik-adik hingga bisa sampai tingkat nasional ini. Teruslah menuliscerpen (cerita pendek), membuat karya jurnalistik, membuat karya foto. Terusasah kemampuan Anda untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda,” ucap Anindito.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Pusat Prestasi Nasional danjuga Kepala BPTI, Asep Sukmayadi dalam laporannya menjelaskan festival ini merupakansalah satu wadah pengembangan ajang talenta di bidang seni, bahasa, danliterasi yang diikuti oleh peserta didik jenjang SMA, MA, dan SMK. Masih dalammasa pandemi, FeLSI 2022 ini melombakan tiga cabang lomba yaitu lombajurnalistik, fotografi, dan cerita pendek. Seleksi FeLSI ini dilaksanakan dalamdua tahap, yaitu seleksi tahap I untuk memilih finalis dan seleksi II melaluipresentasi dan wawancara. Adapun jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 4.051siswa/karya dengan rincian 719 karya jurnalistik, 410 karya fotografi, dan1.751 karya cerpen. Dari karya-karya tersebut telah terpilih masing-masing 25karya untuk mengikuti tahap final/seleksi puncak. Peserta yang berpartisipasipada kegiatan FeLSI 2022 berasal dari 54 SMA, 7 MA, dan 6 SMK dari 23 provinsidan 54 kabupaten/kota.

Salah satu peserta lomba jurnalistik, Muhamad AdiptaAlvinto dari SMA Pradipta Dirgantara, Jawa Tengah menuturkan persiapannya untukmengikuti FeLSI 2022. “Tentunya saya melaksanakan beberapa perbaikan redaksidengan beberapa narasumber. Dan saya memilah apa saja data yang cocok untukdijadikan artikel yang mempunyai kisah inspirasi dan menyentuh perasaan parapembacanya,” tutur siswa yang mengidolakan Ira Koesno, penyiar berita.Sementara itu, Aime Nayla Calencia Chandra, siswa SMA Katolik Santo Yoseph,Denpasar menyampaikan keikutsertaannya dalam lomba cerpen yang sudah menjadiminat dari dulu. “Jadi ketika saya lihat FeLSI buka pendaftaran maka dari itusaya mengajukan diri untuk menjadi salah satu perwakilan sekolah,” imbuh siswayang bercita-cita menjadi akuntan.

Sumber :

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/09/124342971/perkuat-literasi-siswa-felsi-2022-resmi-dibuka-dan-diikuti-4-ribu-lebih?page=2