Klakson Potensi Bantu Cegah Mesin Mobil Mogok di Perlintasan

Tanggal: 04/07/2022

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengemudi diminta lebih hati-hati saat melintasi perlintasan kereta, sebab potensi mesin mobil mati mendadak. Ini tentu merupakan situasi sulit karena berkaitan dengan nyawa. Seperti kasus terbaru saat mobil minibus berjenis Toyota Avanza tersambar kereta di Perlintasan Liar KM 34 dekat Stasiun Tambun, Bekasi, hari ini Selasa (21/6). Pengemudi tewas dalam kejadian itu. Sebelum kejadian, pengemudi disebut sempat mencoba menyalakan mesin, namun upaya itu gagal dan terlanjur dihantam oleh kereta.

Terjebak dalam kondisi itu memang tidak mudah. Namun kita masih punya kesempatan untuk selamat.

Pertama kita membutuhkan pemikiran tenang dan jernih, sehingga tidak panik. Ingat panik hanya akan membuat semua menjadi kacau.

Disampaikan Dolf Valentino, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta, jika mobil terjebak macet di perlintasan rel kereta api, sebaiknya terus menerus membunyikan klakson dan on/off starter mobil.

Berdasarkan pengalaman para ahli, cara ini dapat memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitarnya.

Namun jika dalam kondisi darurat, pengemudi dan penumpang diminta segera tinggalkan mobil serta jauhi perlintasan rel kereta api demi keselamatan.

Tips aman melintasi perlintasan kereta

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah patuhi rambu-rambu yang ada. Jangan nekat menerobos palang pintu.

Kemudian ketika kereta api hendak dan setelah melintas, rel kereta masih berpotensi menghantarkan emisi elektromagnetik. Untuk itu, gunakan kecepatan rendah saat berkendara.

Melintas perlahan dapat mencegah mesin mobil mati tiba-tiba.Usahakan jaga RPM dan agar mesin mobil tidak mati mendadak.

Kemudian selalu beri jarak aman ketika berkendara dan bersabarlah sedikit saat menunggu kereta api melintas sampai sirene palang pintu dimatikan.

Menurut Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), rel kereta memang mengandung elektromagnetik.

Artinya ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang. Kabel tersebut dikatakan tidak kompatibel dengan mesin mobil.Terlebih jika kereta api hendak melintas di sekitar jarak 600 meter, arus listrik kemudian menghantarkan medan magnet tinggi.

Medan magnet itu yang membuat putaran mesin mobil tiba-tiba mati saat melintas di atas rel kereta api.

Ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas.

Paparan dari emisi tersebut yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati.

Dalam hal ini Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, akhirnya mobil macet dan kecelakaan pun tak bisa dihindari.

Sumber : CNN Indonesia

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220621171335-389-811768/klakson-potensi-bantu-cegah-mesin-mobil-mogok-di-perlintasan