Jurusan Kuliah dan Skill yang Dibutuhkan 10 Tahun ke Depan

Tanggal: 25/02/2021

Jakarta, CNN Indonesia -- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN resmi dibuka pada 15 Februari hingga 24 Februari 2021. Terdapat sejumlah jurusan dan skill dengan masa depan yang cerah hingga 10 tahun ke depan. Jurusan dan skill ini diprediksi bakal sangat dibutuhkan hingga 10 tahun mendatang. Ilmu dan kemampuan ini bisa dipelajari di perguruan tinggi. Berikut jurusan dan skill yang dibutuhkan 10 tahun mendatang.

1. Digital marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu bidang baru yang berkembang pesat di era digital. Perusahaan dinilai sangat membutuhkan orang yang ahli dalam meracik strategi pemasaran digital di situs daring maupun media sosial. "Ilmu ini semakin penting ke depannya, seiring dengan meledaknya dunia digital. Butuh orang yang bisa memasarkan melalui Instagram, TikTok, YouTube, tentunya melalui konten yang bagus," kata konsultan manajemen dan SDM, Yodhia Antariksa . Skill ini bisa didapatkan pada sejumlah jurusan di perguruan tinggi di Indonesia seperti di Universitas Padjadjaran dengan program studi Pemasaran Digital. Selain dari perguruan tinggi, Yodhia menilai skill ini bisa dipelajari secara otodidak. "Ini bisa dipelajari secara otodidak, tanpa harus memakai gelar sarjana," kata Yodhia.

2. Jurusan teknologi

Keahlian lain yang juga sangat dibutuhkan di masa depan berkaitan dengan data dan teknologi. "Dengan adanya ledakan big data, butuh orang yang bisa mengolah big data seperti di bidang data scientist, machine learning, dan artificial intelligence," ungkap Yodhia. Keahlian ini bisa didapatkan di jurusan yang berkaitan dengan teknologi seperti Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Selain dari perguruan tinggi, keahlian ini juga bisa didapatkan melalui kursus yang banyak tersedia.

3. Kemampuan manajerial

Menurut Yodhia, saat ini perusahaan kekurangan orang-orang yang ahli dalam manajerial. "Saat ini banyak yang lulusan S1, tapi pemahaman teori dan teknisnya sangat kurang. Perlu orang-orang yang bisa manajemen dengan kemampuan yang dalam," ujar Yodhia. Kemampuan manajerial ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang seperti manager HR, keuangan, produksi, dan sebagainya. Kemampuan ini bisa diperoleh melalui jurusan manajemen.

4. Jurusan keuangan

Jurusan keuangan juga masih dibutuhkan hingga 10 tahun ke depan. Pasalnya, sektor finansial seperti bank merupakan penopang ekonomi Indonesia dengan pertumbuhan yang paling baik dibandingkan sektor lain. "Perusahaan yang paling menguntungkan di Indonesia adalah bank, jadi kebutuhannya finansial dan perbankan masih tinggi," tutur Yodhia. Keahlian dalam bidang keuangan bisa didapatkan melalui jurusan Akuntansi dan Ilmu Ekonomi.

5. Jurusan kesehatan

Pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung juga membuat jurusan kesehatan juga bakal terus dibutuhkan mulai dari dokter, perawat, dan ahli gizi. "Ini sangat mendesak karena masalah di Indonesia kekurangan dokter dan perawat. Juga diperlukan orang yang mampu mengembangkan health tech," ujar Yodhia. Keahlian di bidang kesehatan ini bisa ditempuh dengan mengambil jurusan kedokteran, keperawatan, dan ilmu gizi.

Sumber : CNN Indonesia