Tangkal Corona, Pemilik Disarankan Rajin Bersihkan Ponsel

Tanggal: 13/03/2020

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilik ponsel disarankan membersihkan ponsel minimal satu kali sehari agar tak terinfeksi bakteri sampai virus corona yang dikabarkan sudah menjangkit dua warga Depok. Sebab menjaga kebersihan dianggap sebagai cara terbaik untuk melawan penyebaran virus corona. Beberapa bakteri kemungkinan bersarang di ponsel, seperti E.Coli, Staphylococcus aureus hingga Streptococcus. Bahkan bukan hal mustahil apabila bakteri Corona juga bersarang di ponsel. Berikut beberapa tips agar pengguna bisa membersihkan dan meminimalisir jumlah bakteri dari ponsel.

1. Gunakan Alkohol dan Air Untuk Bersihkan Ponsel

Dilansir dari Mashables, masyarakat bisa mencampurkan air dan alkohol isopropil ke dalam botol penyemprot. Kemudian bisa menyemprotkan campuran tersebut ke kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel. Di sisi lain tisu basah dengan kandungan alkohol bisa menjadi pilihan yang lebih ringkas. Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan apakah tisu tersebut memiliki kandungan alkohol atau tidak. Sebab rata-rata tisu basah untuk bayi tidak memiliki kandungan alkohol. 

2. Gunakan Pelindung Antimikroba

Menggunakan casing pelindung antimikroba merupakan cara yang bagus untuk melindungi ponsel dari serangan bakteri. Dengan menggunakan pelindung ini, pengguna bisa mengurangi jumlah bakteri yang bersarang pada ponsel. Pengguna bisa menggunakan penutup ponsel anti bakteri untuk melapisi anti gores pada ponsel yang bertugas untuk menjaga ponsel dari kerusakan fisik.

3. Gunakan Kain Mikrofiber Hingga Cotton Bud

Dilansir dari HGTV, berbagai penelitian menemukan bahwa bakteri di ponsel pintar lebih banyak daripada kursi toilet. Celah kecil pada ponsel dan casing menjadi tempat bersarang bakteri. Oleh karena itu, cotton bud bisa digunakan untuk membersihkan celah-celah yang sulit terjangkau di ponsel untuk membersihkan debu hingga bakteri. Jangan lupa menyelupkan cotton bud dengan cairan alkohol.

4. Gunakan Cuka Putih

Cuka putih di dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri di ponsel. Campurkan cuka putih dan air steril dengan komposisi 50:50. Basahi kain mikrofiber dan cotton bud untuk membersihkan ponsel dari bakteri.

5. Kurangi Penggunaan Ponsel di Toilet

Untuk mengurangi bakteri di ponsel, kurangi penggunaan ponsel di toilet. Meski pengguna telah mencuci tangan, bakteri tetap menemukan cara agar bisa bersarang di ponsel. (jnp/mik)

Courtesy Of https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200302170251-185-479829/tangkal-corona-pemilik-disarankan-rajin-bersihkan-ponsel