Android 10 Diam-diam Punya Fitur Notifikasi Mirip Facebook

Tanggal: 09/01/2020

Android 10 Diam-diam Punya Fitur Notifikasi Mirip Facebook Kompas.com - 02/01/2020, 07:49 WIB BAGIKAN: Komentar Android 10(Blog Google) Penulis Putri Zakia Salsabila | Editor Oik Yusuf KOMPAS.com - Pengguna Facebook pasti mengenal fitur notifikasi  "chat head" berbentuk balon obrolan  yang bisa muncul dengan tampilan mengapung di layar ponsel setiap ada pesan Messenger baru. Android 10 ternyata juga memiliki fitur serupa untuk menampilkan notifikasi. Fitur ini belum resmi digulirkan, tapi sudah ada di dalam Android versi 10 dan bisa diaktifkan secara manual di Settings > Developer Options > Bubbles. Baca juga: Bocoran Jadwal Update Android 10 untuk Ponsel-ponsel Samsung Dengan mengaktifkan bubble notification, aplikasi-aplikasi tertentu seperti Messages bisa menampilkan notifikasi lewat "balon" yang mengapung di layar serupa chat head Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (1/1/2020). Messages, misalnya, akan menampilkan preview pesan teks yang masuk. Apabila preview di-klik, pengguna akan dibawa ke jendela untuk membalas pesan. Kalau dibiarkan, maka preview akan menghilang dan digantikan titik notifikasi berwarna merah.

Google Message(KOMPAS/Putri Zakia Salsabila) Lewat bubble notification, aneka notifikasi pun bisa disodorkan langsung ke depan mata pengguna sehingga tidak terlewat, meskipun ini dapat pula dirasa mengganggu. Untungnya, Google menyediakan opsi untuk mematikan bubble. Bubble juga bisa digeser-geser agar berpindah tempat di layar, dan dienyahkan dengan cara menggesernya ke bagian bawah layar seperti menghapus widget. Baca juga: Smartphone Baru Keluaran 2020 Wajib Pakai Android 10 Google kabarnya sudah pernah menyalurkan bubble notification dalam OS Android 10 Beta 2 di smartphone Pixel pada April lalu. Fitur itu kemudian urung disematkan dalam Android 10 versi final, tapi tetap ada di bagian developer options OS yang bersangkutan. Agaknya Google sedang menguji fitur bubble notification agar para pengembang aplikasi siap memanfaatkannya saat sudah resmi bergulir nanti, mungkin di Android 11.

Courtesy Of https://tekno.kompas.com/read/2020/01/02/07490037/android-10-diam-diam-punya-fitur-notifikasi-mirip-facebook