Instagram Perkenalkan Fitur Belanja dalam Aplikasi

Tanggal: 20/03/2019

KOMPAS.com - Setelah diam-diam menghadirkannya ke beberapa pengguna terpilih, Instagram akhirnya memperkenalkan fitur belanja di dalam aplikasi (in-app purchase). Dengan fitur "checkout" baru ini,  pengguna bisa membeli produk langsung dari posting yang diunggah para retailer atau e-commerce dan membayarnya langsung tanpa harus keluar aplikasi Instagram. Instagram bekerja sama dengan PayPal sebagai pilihan pembayaran dalam aplikasi. Ada 23 retailer kenamaan yang produknya bisa dibeli pengguna, yakni Nike, Burberry, dan H&M. Ke depan, kemungkinan daftar retailer akan bertambah panjang. "Ketika kami membuat pengalaman ini beberapa tahun lalu, niat kami adalah untuk membangun pengalaman komplit berbelanja untuk orang-orang," jelas Vishal Shah, Head of Product Instagram. Instagram telah menjajal fitur belanja sejak tahun 2016 ke beberapa retailer. Di dalam setiap posting yang diunggah terdapat logo tas belanja di pojok kiri bawah. Ketika tas tersebut diketuk, akan muncul beberapa item lengkap dengan harga. Pengguna cukup memilih item mana yang ingin dibeli. Sebelum fitur belanja ini dirilis resmi, untuk menyelesaikan proses pembayaran, pengguna harus mengunjungi situs retailer yang bersangkutan di luar aplikasi Instagram. Namun mulai kini, fitur checkout akan memudahkan pengguna membayar langsung melalui aplikasi.

Jutaan pengguna meng-klik tas belanja

Dirangkum KompasTekno dari Fortune, Rabu (20/3/2019), pada bulan September lalu, tercatat ada 90 juta pengguna Instagram yang diklaim meng-klik ikon tas belanja di posting Instagram. Bulan Maret ini jumlahnya disebut naik hingga mencapai 130 juta. Instagram akan menarik biaya ke retailer dari setiap transaksi yang dibuat. Sayangnya, Instagram tak menyebut detail berapa nominal biaya transaksi tersebut. Fitur belanja Instagram diduga meniru fitur belanja yang ada di Pinterest, yakni Pinterest Shop. Namun, Shah membantahnya. Ia mengatakan Instagram lebih fokus membantu pengguna menemukan barang tertentu, bukan barang serupa, seperti yang berlaku di Pinterest. Sebelumnya, Instagram juga dikabarkan sedang merancang aplikasi belanja standalone. Namun, Shah tak mau berkomentar lebih lanjut tentang hal tersebut. "Kami mulai menunjukan sedikit ambisi kami saat ini. Nantinya, Anda akan melihatnya saat kami meluncurkan lebih banyak produk," ujar Shah. Menurut keterangan di situs Instagram, fitur belanja "checkout" di aplikasi Instagram untuk saat ini masih berstatus closed beta dan baru bisa digunakan di wilayah Amerika Serikat. Belum diketahui kapan checkout akan diperluas ke negara-negara lain. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Instagram Perkenalkan Fitur Belanja dalam Aplikasi", https://tekno.kompas.com/read/2019/03/20/09470077/instagram-perkenalkan-fitur-belanja-dalam-aplikasi.

Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor : Oik Yusuf