Xiaomi Klaim Punya Platform IoT Terbesar Dunia

Tanggal: 12/07/2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi mengklaim dirinyasebagai penyedia platform Internet of Things(IoT) dengan jumlah konsumen terbanyak di dunia. Hal ini diungkapkan oleh Headof Xiaomi South Pacific Region sekaligus Country Manager Xiaomi IndonesiaSteven Shi.

"Per tanggal 31 Maret 2018, terdapat lebih dari 100 juta perangkat diseluruh dunia yang terkoneksi dengan IoT platform Xiaomi," katanya sembarimenunjukkan peta persebaran perangkat IoT Xiaomi saat konferensi pers dikawasan Jakarta Selatan, Rabu (11/7).

Dari data yang ditampilkan pada peta dunia tersebut, nampak pengguna IoT Xiaomimemang tersebar di beberapa negara meski sebagian besar penggunanya berada diChina. 

Salah satu perangkat yang menggunakan IoT terbanyak adalah televisi pintar(smart TV), yakni rata-rata 84 juta transmisi perhari di seluruh dunia.

Menyusul di belakangnya adalah perangkat Mi Band, yaitu gelang yang bergunauntuk mengamati tingkat aktivitas serta jumlah kalori yang dibakar dalam tubuhpengguna. Mi Band rata-rata menghitung hingga 39 juta langkah perhari.

Terdapat pula beberapa perangkat lain dengan penggunaan IoT tinggi, seperti airpurifier, water purifier, robot vacuum, dan pengeras suara yang menggunakanteknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Semua perangkat itu dapat dikendalikan cukupdengan satu aplikasi, Mi Home," ujar Steven.

Terkait peluncuran platform IoT milik XiaoMi di Indonesia, Steven engganmemberikan tanggal pasti. Namun, ia menyebut akan segera melaksanakannya dalamwaktu dekat.

"Tunggu saja tanggal mainnya," tandasnya. (eks)