Ada Tiket Gratis di Aplikasi Asian Games 2018

Tanggal: 11/07/2018

CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika akan berikan tiketgratis nonton Asian Games 2018 bagi dua orang di tiap provinsi. Caranya, pengguna mesti mendaftarkan dirisebagai calon duta suporter Indonesia di aplikasi "Duta SuporterIndonesia". Aplikasi ini hanya bisa diunduh di Google Play Store. 

"Setiap provinsi akan terpilih dua wakil, laki-laki dan perempuan. Kamiakan undang 68 pemenang lomba untuk mengikuti pembukaan dan menonton cabangolahraga," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo NikenWidiastuti di Hotel Milenium Sirih, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (10/7). 

Pendaftaran dibuka mulai dari soft launching Asian Games di Palembang hariini (7/7) hingga 7 Agustus mendatang. Siapapun bisa mendaftarkan diri menjadicalon duta.

Para calon duta ini mesti mengumpulkan vote agar menjadi pemenang. Vote itudikumpulkan dari berbagai "tugas" yang dibuat para calon duta ini.Dalam tugas itu, para calon duta diminta untuk menjalani beberapa tugas sepertimenulis, membuat video, dan foto seputar Asian Games. 

"Ketika terpilih menjadi calon duta akan mendapat tugas. Termasuk menulis,mengirimkan foto dan video. Ini akan di vote oleh masyarakat dari provinsi yangcalon duta wakilkan. Untuk mencari suara, calon duta bisa menyebarkan karya itulewat media sosial," ujar anggota Tim Developer "Duta SuporterIndonesia", Enda Nasution.

Vote hanya bisa diberikan dari masyarakat yang berada di satu provinsi yangsama dengan calon duta. Pemenang vote akan diumumkan pada 7 Agustusmendatang. 

Kuisharian 

Enda mengatakan bagi masyarakat yang tidak ingin menjadi calon duta masih bisaberpartisipasi dalam aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki fitur "kuisharian". Enda mengatakan dalam aplikasi ini juga ada informasi dan beritaseputar Asian Games.

"Kalau tidak jadi duta, ada fitur kuis harian juga. Setiap harinya akanada kuis, sudah mulai dari tanggal 7 Juli kemarin. Bisa dapat merchandise AsianGames, setiap harinya ada 10 hadiah," kata Enda

Enda mengklaim dalam waktu tiga hari sejak diluncurkan, sekitar 10 ribu orangtelah terdaftar sebagai pengguna. Informasi mengenai aplikasi ini juga telahmenjangkau tiga juta pengguna media sosial di Indonesia.

"Exposurenya sudah ada tiga juta orang yang tahudari 34 provinsi. Nantinya tentu angka ini akan terus berkembang sampaiperhelatan Asian Games usai," kata Enda.

Aplikasi ini dibuat untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia tidak hanyamasyarakat di Jakarta dan Palembang di mana Asian Games dihelat. 

Niken mengatakan belum masyarakat dalam hidupnya bisa merasakan Indonesiasebagai tuan rumah untuk kedua kalinya. Terakhir, Indonesia menjadi tuan rumahAsian Games pada 1962