Siap siap dengan teknologi smartphone yang akan keluar di tahun 2017

Tanggal: 16/12/2016

NAPAKILMU.COM - Tahun 2016 akan segera berakhir, ditahun ini banyak teknologi gadget baru yang muncul. Antara lain munculnya prosesor garang, seperti Snapdragon 820 dan 821, dari Qualcomm, yang dipasangkan ke perangkat-perangkat flagship seperti Samsung Galaxy S7, dan Xiaomi Mi 5. Selanjutnya dari kelas menengah Mediatek juga mengeluarkan seri garangnya X20 dan X25. Salah satu teknologi lain yang menjadi standart di tahun 2016 ini adalah finger print, sebenarnya teknologi ini sudah hadir di akhir 2015, tetapi di tahun 2016 teknologi seperti menjadi standart pabrikan untuk ditanamkan di perangkatnya. Menjelang tahun 2017, ada beberapa teknologi yang akan dikabarkan hadir, ataupun menjadi standar baru dunia gadget. Teknologi- teknologi ini sebagian ada yang sudah dipastikan kehadirannya. Berikut Beberapa teknologi smartphone yang mungkin hadir atau menjadi populer di tahun 2017 nanti:

1. Layar 4K

Kalau tahun ini disibukkan dengan layar Full HD, tahun depan tampaknya layar 4K, akan menjadi standart baru di dunia smarthpone. Sebenarnya sudah banyak layar 4K yang hadir tahun ini, tetapi sebagian besar hadir pada smartphone-smartphone flagship yang harganya bikin dompet mau nangis. Diharapkan tahun depan Layar 4K akan hadir untuk kelas menengah.

2. Edge to Edge Display

Tentu kita tahu Galaxy S6 keatas, sudah menghadirkan versi layar dengan ujung membulat ini. Layar ini seolah tanpa tepi, kalau ada beberapa perangkat yang hadir tanpa bezel seperti Xiaomi Mi Mix, edge to edge display menghadirkan sensasi layar hingga ke samping.

3. Bluetooth 5.0

Sebenarnya untuk urusan teknologi satu ini, tidak terlalu menarik bagi sebagian orang. Kehadiran teknologi bluetooh pada awalnya digunakan untuk saling bertukar data dengan sesama, menggantikan fungsi koneksi infra merah, yang dinilai lamban, dan ribet karena dua perangkat harus disejajarkan untuk saling bertukar informasi. Untuk bertukar data sendiri, sebenarnya ada banyak teknologi baru seperti NFC maupun Wifi, yang lebih mudah dan cepat. Tetapi teknologi bluetooth terus berkembang, dan sekarang mencapai versi 5.0, yang mungkin akan menjadi standart baru tahun depan. Kebanyakan teknlogi bluetooth sekarang digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lain, seperti smartwatch, ataupun bluetooth headset; tampaknya teknologi bluetooth lebih murah dan simpel dalam aplikasinya.

4. Prosesor 10nm 

Teknologi ini sepertinya akan membawa nama besar Qualcomm. Snapdragon 835 akan hadir dengan teknologi 10nm, selanjutnya ada juga Samsung yang memperkenalkan teknologi 8895. Qualcomm sendiri masih bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan prosesor 10nm, dengan teknologi FinFet. Hampir bisa dipastikan prosesor 835 ini akan dicangkokkan ke dalam mesin smartphone flagship tahun depan. 

5.Dual Camera Setup

Sebenarnya teknologi ini juga sudah digunakan pada tahun ini, pada smartphone-smartphone "mahal" seperti Huawei P9,LG G5 dan Iphone 7 Plus. Tidak hanya itu, dari kelas menengah lagi-lagi Xiaomi menyalip dengan menghadirkan teknologi ini pada Redmi Pro. Kemungkinan besar teknologi ini akan hadir menjadi standart fotografi ponsel tahun depan, mengingat sepertinya pengguna sudah bosan dengan "resolusi besar", dan bergeser ke kualitas lensa kamera. 

Perkembangan teknologi terus berjalan begitu cepat, seakan tidak ada lelah. Setiap produsen berusaha menghadirkan teknologi terbaru, dengan harga yang lebih kompetitif. Hanya saja kompetisi ini sendiri terkadang memakan korban. Anggap saja Samsung dengan smartphone flagshipnya Galaxy Note 7 yang harus di hentikan produksinya. Teknologi penyimpanan dan pengisian daya terkini, memungkinkan anda dapat mengisi daya dengan cepat daa penyimpanan yang lebih besar, tetapi bila tidak diperhitungkan dengan pas, malah teknologi menjadi bumerang bagi penggunanya. Semoga kelak produsen menghadirkan gadget yang lebih baik dan aman bagi penggunanya.

sumber : ibtimes.com