Lima Fenomena Langit yang Bakal Terjadi pada November 2016

Tanggal: 04/11/2016

JAKARTA – Pemandangan langit di November akan sangat menakjubkan bagi para penikmat bintang. Beberapa fenomena langka akan terjadi mulai dari hujan meteor hingga supermoon terbesar dalam 70 tahun akan terjadi di bulan ini. Berikut beberapa kejadian langit yang diramalkan akan terjadi pada November 2016 seperti dilaporkan Mirror :

1. Mars di Samping Bulan

Dua hari yaitu pada 5-6 November, Anda akan bisa melihat Planet Merah bersanding dengan bulan sabit. Mars mungkin akan terlihat di sebelah kiri pada malam pertama kemudian bergerak ke bawah pada malam kedua. Anda bisa menikmatinya dengan lebih baik menggunakan teropong.

2. Hujan Meteor Taurid

Anda akan bisa melihat puncak hujan meteor pada 11 November. Hujan meteor ini datang dari konstelasi Taurus dan dihubungkan dengan komet Encke. Hujan Meteor Taurid dipercaya berasal dari satu komet yang terpecah belah beberapa tahun lalu. Karena jatuh pada awal November, hujan meteor ini juga dikenal sebagai Halloween Fireballs.

3. Supermoon

Anda akan bisa melihat supermoon terbesar dalam 70 tahun pada 14 November. “Bulan purnama 14 November bukan hanya yang terdekat di 2016 tetapi juga yang terdekat di abad ke-21. Bulan purnama itu tidak akan datang lagi hingga 25 November 2034” ujar Badan Antariksa Amerika (NASA).

4. Hujan Meteor Leonid   Hujan meteor kedua yang akan menghiasi langit adalah Leonid. Sebanyak 15 meteor akan jatuh dalam satu jam. Biasanya meteor ini memang jatuh pada pertengahan November karena bumi mendekati debu dari komet Tempel-Tuttle. Tahun lalu, 13 ton debu dan partikel baru memasuki atmosfer Bumi selama hujan meteor ini. Diperkirakan hujan meteor ini akan terjadi pada 16 November.

5. Jupiter dan Bulan

Planet terbesar di Bimasakti akan mendekati Bulan hanya dalam jarak 2 derajat di langit. Jupiter akan berada di bawah Bulan sabit yang menghadap tenggara. Diperkirakan fenomena ini akan terlihat pada 25 November. Waktu terbaik untuk mengamatinya adalah saat sebelum subuh. Jika bisa, menjauhlah dari wilayah yang penuh polusi serta gunakan teropong.

(kem) techno.okezone.com