Pengguna Snapchat & Instagram di Indonesia Melejit

Tanggal: 30/09/2016

Jakarta - Makin luasnya penetrasi smartphone di Indonesia, memberikan keuntungan bagi Snapchat dan Instagram. Bagaimana tidak? Pengguna dua media sosial ini makin melejit jumlahnya. 

Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Connected Life pada 70 ribu konsumen di kawasan Asia Tenggara. Dari survei itu diketahui pengguna platform media sosial Instagram dan Snapchat di Indonesia telah meningkat dua kali lipat sejak 2014. Peningkatan tersebut terjadi seiring meningkatnya jumlah pengguna telepon pintar.

"Peningkatan pengguna Instagram dan Snapchat di Indonesia terjadi terutama karena para pengguna di Indonesia ingin mengabadikan dan membagikan momen mereka dengan orang lain. Mereka ingin membagikan hal tersebut dengan cepat, mendeskripsikan pengalaman mereka, dan merasakan kebanggaan akan hal tersebut," kata Hansal Savla, Direktur Senior Kantar TNS Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Jumat (30/9/2016).

"Baik Instagram maupun Snapchat menawarkan para pengguna cara yang lebih cepat, lebih mudah, dan menarik secara visual dalam berbagi momen mereka," lanjut Hansal.

Connected Life mencatat Indonesia sebagai pengguna Instagram paling aktif keempat di wilayah Asia Pasifik. Jumlah pengguna sebesar 54% dari keseluruhan jumlah pengguna internet. Di peringkat pertama ada Malaysia dengan jumlah pengguna paling aktif di Instagram sebanyak 73%.

Sementara Snapchat sendiri meskipun terdapat peningkatan, tapi Connected Life menilai media sosial besutan Evan Spiegel ini masih belum populer di Indonesia. Pengguna Snapchat di Tanah Air menduduki posisi kesepuluh di wilayah Asia Pasifik dengan jumlah sebesar 13%. 

Hongkong merupakan pasar Snapchat yang paling aktif dengan hampir separuh (46%) dari pengguna internet menggunakan platform tersebut. Sedangkan pengguna di Singapura, Malaysia, Selandia Baru, dan Australia doyang mengirimkan foto melalui Snapchat.

detik.com