Dua Pelajar ini Buat Aplikasi Pengoreksi Kesalahan Membaca Alquran

Tanggal: 17/09/2016

Surabaya - Melihat masih banyak umat muslim di Indonesia yang belum paham membaca Alquran, dua pelajar ini tergerak hatinya. Mereka membuat aplikasi pengoreksi kesalahan membaca ayat Alquran.

Mereka adalah Ahmad Haidar Fakhrudin dan Habib Ihza Alamsyah. Keduanya masih duduk di bangku kelas XI SMAN I Surabaya. Adapun aplikasi yang mereka buat bernama Aqra.

"Dalam sebuah artikel pernah disebutkan masih ada 54% umat muslim di Indonesia belum paham baca Alquran," ujar Haidar kepada detikINET, Sabtu (17/9/2016).

Haidar mengatakan, Aqra mempunyai arti pandai membaca. Sesuai artinya, kedua pelajar ini ingin aplikasi yang mereka ciptakan bisa membantu seseorang membaca Alquran secara baik dan benar sesuai makhraj, tajwid, dan gharib nya.

Aqra bisa diunduh di play store. Penggunaannya pun sangat mudah, sambil menekan ikon speaker di layar ponsel, seseorang tinggal membaca saja ayat yang disediakan. Bila membacanya sempurna, maka akan muncul kata benar. Dan jika membacanya masih belum benar, maka kata salah akan muncul dan silakan mengulanginya kembali hingga benar.

Haidar dan Habib mengaku, ide pembuatan Aqra muncul sebulan lalu. Dan penggarapannya rampung dua minggu yang lalu. Dalam pembuatan aplikasi ini, Haidar berperan sebagai desiner sementara Habib berperan sebagai programmer.

"Kesulitannya di antaranya adalah cara menghilangkan pop up dan penempatan navigasi," kata Habib

(sumber : detik.com)