LG Bicara tentang Investasi di Indonesia

Tanggal: 10/03/2017

Produsen elektronik LG menganggap Indonesia sebagai pasar penting, tak hanya di regional, tetapi di dunia.President of LG Electronics Indonesia Jae Young Lee dalam wawancara terbatas dengan sejumlah media Indonesia di Jeju, Korea Selatan, mengatakan, RI adalah salah satu pasar terbesar produk elektronik. Dengan fakta tersebut, vendor elektronik yang berbasis di Korea Selatan itu selalu melihat Indonesia adalah pasar nan strategis. Namun demikian, tak semua produk LG di jual di Tanah Air. Terutama produk premium. Sejumlah faktor seperti daya beli, kebutuhan dan karakter konsumen menjadi pertimbangan LG, produk mana yang dipasarkan di Indonesia dan mana yang tidak. "Kita sudah di Indonesia selama 26 tahun, dan selalu menambah investasi. Pada tahun 2013-2014, ekonomi kurang baik, tapi kita menambah investasi, itu bukti bahwa Indonesia sangat penting bagi kami," kata Lee, dalam wawancara yang berlangsung di sela-sela ajang LG Innovation Festival (LG InnoFest) Asia 2017 di International Convention Center Jeju, Selasa (7/3/2017). Indonesia, kata dia, juga menjadi basis produksi untuk sejumlah produk. Termasuk televisi berteknologi OLED dan lemari es atau kulkas. LG memiliki pabrik di Cibitung, Bekasi dan Legok, Tangerang. Pabrik itu bahkan mengekspor barang hasil rakitannya ke sejumlah negara di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Australia dan Eropa. Rinciannya, produksi LG Indonesia, sebanyak 50 persen dipasarkan di Tanah Air, 50 persen lainnya dilempar ke luar negeri. Ekspor bahkan menjangkau Korea Selatan, negara produsen LG. "Tak semua barang bisa diproduksi di Korea. Maka dari itu LG Indonesia yang memproduksi," ujar dia. Lee mengatakan, karakter konsumen Indonesia adalah menyukai barang elektronik yang praktis, dan itu selalu menjadi pertimbangan LG dalam menjual produknya. LG menargetkan bisa menjual produk premium di Indonesia. Di mana nantinya, produk premium LG dibeli karena rasa bangga.Lee juga memastikan LG akan terus berinvestasi di Indonesia dengan hitung-hitungan matematis. Investasi tersebut untuk menambah produksi dalam negeri.Yang jelas, kata dia, efisiensi penting agar LG bisa berkompetisi dengan sehat dan kuat.Produk baru LG berupa mesin cuci, kulkas dan AC akan dipasarkan di Indonesia pada medio Maret-Mei tahun ini. Indonesia belum mendapat "jatah" penjualan televisi OLED premium LG yang disebut setipis koin. Penjualan produk itu untuk saat ini baru difokuskan di pasar Amerika Serikat, Eropa dan Korea.